Cara Membuat Privacy Policy dan Disclaimer


Assalamualaikum Wr. Wb., Apa kabar hari ini ? Semoga kita selalu dalam keadaan sehat wal'afiat.     
Sebelum kita membahas tentang bagaimana Cara Membuat Privacy Policy dan Disclaimer, Mari kita simak penjelasa singkatnya terlebih dahulu.

Privacy Policy atau Kebijakan privasi adalah pernyataan atau dokumen hukum (dalam undang-undang privasi) yang mengungkapkan beberapa atau semua cara yang dikumpulkan oleh suatu pihak, penggunaan, pengungkapan, dan pengelolaan data pelanggan atau klien., Sedangkan
Disclaimer adalah pernyataan yang dimaksudkan untuk menentukan atau membatasi ruang lingkup hak dan kewajiban yang dapat dilaksanakan dan diterapkan oleh pihak-pihak dalam hubungan yang diakui secara hukum.
Sumber : wikipedia.org

Apa fungsi dari Privacy Policy dan Disclaimer itu sendiri ? Mungkin beberapa dari anda ada yg muncul pertanyaan seperti itu. 
Singkatnya fungsi dari Privacy Policy sendiri adalah menjamin keamanan pengunjung suatu blog/website dalam penggunaan informasi serta segala sesuatu yg ada maupun yg didapat dari web/blog tersebut., 
Sedangkan fungsi dari Disclaimer sendiri adalah mengamankan sebuah artikel dari orang-orang yg berniat ingin mengambil/copy paste tanpa seizin pemilik web/blog tersebut. Jadi pemilik suatu web/blog tersebut dapat mengklaim bilamana ada yg copy paste "seenak jidat" tanpa seizin si pemilik web/blog terlebih dahulu.
Biasanya yg menjadi suatu keharusan untuk membuat kedua item ini yaitu untuk mendaftarkan situs kita ke periklanan seperti Google Adsense.

Lalu bagaimana Cara Membuat Privacy Policy dan Disclaimer ? Mari kita simak step per step serta penjelasannya dibawah ini.
  • Kunjungi situs penyedia,eh sebenernya sih bukan penyedia juga tapi semacam situs generator untuk Privacy Policy. Di situs ini kalian juga bisa membuat Disclaimer, Terms Of Service (TOS) dan lain sebagainya. Silahkan klik linknya Disini.
 
  • Isikan data sesuai dengan web/blog anda, diantaranya :
  1. Your Site Title, Isikan Judul Web/Blog anda, Sesuaikan, agar sinkron ketika jadi.
  2. Your Site URL, Isikan URL/Link dari Web/Blog anda, Contoh : http://kripnyekrip.blogspot.com/
  3. Contact Link, Isikan dimana pengunjung bisa mengontak/menghubungi anda.
  4. Email Address, Isikan E-Mail anda,bisa juga dikosongkan.
  5. Email Encryption, Pilih salah satu, Apakah anda menggunakan Enkripsi dengan dan atau tanpa menggunakan Javascript atau tidak sama sekali.
  6. Cookies, Pilih salah satu apakah situs anda menggunakan Cookies atau tidak.
  7. Adversiters On Your Site, Pilih salah satu jika memang situs anda menggunakan salah satu situs periklanan tersebut atau jika anda akan menggunakan salah satunya anda bisa memilih terlebih dahulu.
  8. Yang terakhir adalah, Generate Policy dan Generate HTML, pilih salah satu, Jika anda ingin output berupa tulisan yg akan langsung Copy Paste ke Artikel/Laman anda bisa memilih Generate Policy, dan jika anda ingin output berupa kode HTML, anda bisa memilih Generate HTML. 
 
  • Selanjutnya Masuk ke blogger, Klik Halaman dan buat Halaman Baru dan Paste Semua seperti membuat Artikel biasa. Kenapa Halaman ? Agar tidak ikut terposting ke Halaman utama dari blog kita jadi bersifat berdiri sendiri (Jomblo) hehe.

 
  • Klik Publikasikan di Pojok Kanan Atas, dan Taraaaa! Sudah jadi. Dan untuk Step by Step membuat Disclaimer juga kurang lebih sama seperti itu

Sekian Tutorial untuk Cara Membuat Privacy Policy dan Disclaimer, Semoga bermanfaat Wassalamualaikum Wr. Wb.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »