Cara Membuat Database di XAMPP + Dasar-dasar Perintah



Assalamualaikum Wr. Wb., Apa kabar hari ini ? Semoga kita selalu dalam keadaan sehat wal'afiat.     
Sebelum kita membahas tentang bagaimana Cara Membuat Database di XAMPP (Mysql)/CMD, Mari kita simak penjelasa singkatnya terlebih dahulu.

Apa itu database? Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi.
Sumber : wikipedia.org
  • Langkah Pertama, Download Aplikasi XAMPP, Jika belum punya Aplikasi tersebut silahkan download Disini Pilihlah sesuai kebutuhan dan Sistem Operasi Anda
  • Langkah Kedua, Install Aplikasi sampai selesai Lalu buka XAMPP-Control
  •  Langkah Ketiga, Klik Start pada Apache dan MySql saja, yg lain tidak perlu.
 
  • Langkah Keempat, buka CMD (Command Prompt), Lalu Ketik seperti dibawah ini agar bisa masuk ke MySql.
  1. Perintah cd/ yaitu agar kita bisa ke dasar direktori C: Karena lokasi penginstalan dari XAMPP sendiri tidak melalui Program Files seperti biasa kita menginstall Aplikasi.
  2. Perintah cd xampp/mysql/bin yaitu untuk menuju ke file mysql -u root yg akan dibuka agar bisa mengakses suatu database. (Bisa dilihat di atas saat kita Membuka Folder) .
  3. Perintah mysql -u root yaitu agar kita bisa masuk ke Sql/root. Jika sudah ada tulisan Welcome to the MySql monitor bla bla bla.... berarti kita sudah masuk ke root.
  • Langkah Kelima, ketik CREATE database nama_database; kenapa memakai underscore? Karena Spasi tidak akan dihitung karakter sehingga akan menimbulkan ERROR. Misalnya saya disini membuat dengan nama database Smartprot. Jika ada tanda "Query OK" maka perintah yg anda masukkan sudah berhasil.
  • Lagkah Keenam yaitu Membuat Tabel,disini saya akan berikan Contoh untuk membuat tabel. 
  1. Setelah selesai membuat database, Jangan lupa untuk memasukkan perintah show databases; agar ikut terindex, Kemudian masukkan perintah use nama_database;
  2. Nah ini dia, bisa dilihat di gambar Cara Membuat Tabelnya.
  3. Ketikkan CREATE TABLE nama_tabel( Lalu pindah kebawah.
  4. Setelah itu ketikkan nama-nama kolom dari tabel tersebut. Sebagai Contoh disini ada merk_ponsel, tipe_ponsel, harga_ponsel, dan stok ponsel.
  5. Apa itu VARCHAR? Varchar adalah tipe dari kolom/field tersebut. jangkauan dari VARCHAR sendiri adalah 0 s/d 255 karakter. Ada juga tipe lain seperti CHAR,DATE,INT dan sebagainya, Tetapi kali ini kita akan membahas ini saja dulu karena VARCHAR bisa digunakan secara umum.
  6. Apa angka yg ada di dalam kurung? Yaitu jumlah karakter yg bisa dimasukkan kedalam kolom, Jika melebihi dari batas yg telah ditetapkan maka akan terjadi Error. Misalnya di merk_ponsel kita memasukkan 11 (Melebihi 10) Maka akan terjadi Error.
  7. Apa itu NOT NULL? NOT NULL berarti HARUS DIISI. Jika dari salah satu kolom tersebut ada salah satu yg tidak diisikan, Maka akan terjadi Error. Jika anda akan membuat kolom yg tidak harus diisi, Maka tidak usah mengetikkan NOT NULL yg berarti NULL, jadi cukum mengisikan sampai jumlah karakter saja.
  8. Apa Primari Key? Yaitu Unique/Kunci dari tabel tersebut. Kalo kata Urang Sunda mah "Kuncen" hehe
  9. Lanjut dengan tanda ) (Tutup) dan dibarengi ; Kenapa selalu ada tanda ; ? Karena harus diisikan jika setelah selesai mengetikkan perintah.
  10. Oke, Sudah berhasil menjadi sebuah tabel. Seperti biasa ditandai dengan Query OK, Jika Gagal akan muncul pesan ERROR blablabla...
  •  Langkah Ketujuh yaitu kita bisa melihat Tabel yg baru saja kita buat dengan perintah DESC nama_tabel; DESC adalah kependekan dari DESCRIBE. Kita bisa melihat Struktur dari tabel dengan memasukkan perintah ini.
  •  Langkah Kedelapan, Kita bisa menambah record/data kedalam suatu tabel dengan perintah INSERT INTO nama_tabel VALUES ('contoh1', 'contoh2', 'contoh3', 'contoh4');                          Kenapa sampai 4? Karena dari Nama Kolom tabel tersebut ada 4, Masukkan sesuai dengan urutan dari atas. Lalu Perintah SELECT * FROM yaitu untuk menampilkan record yg sudah masuk. Jika anda ingin menambahkan lebih dari 1 record jawabannya sangat bisa.

Kesimpulan : 

Ternyata Membuat database tidak sesulit yg kita bayangkan jika kita mau mencoba dan berusaha, Tetapi membuat database yg baik juga tidak mudah. Tabel dalam database tidak boleh mengandung, Setiap tabel harus memiliki Primary Key dan juga Hendaknya ukuran database dibuat seminimal mungkin artinya pemilihan tipe data harus tepat dan seperlunya saja, Usahakan ukuran databasenya sendiri tidak lebih dari 100KB. Tutorial ini berdasarkan Ilmu yg saya dapatkan di sekolah dan dari Modul dari Bpk. Achmad Solichin. Pergunakanlah Tutorial di blog ini dengan bijak dan bisa bermanfaat. Sekian dari saya Mohon Maaf dan silahkan Koreksi di Kolom Komentar apabila ada kesalahan, Apabila ada yg kurang jelas Silahkan bertanya di Kolom Komentar. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »