Cara Membuat Blog Mudah Lengkap



Assalamualaikum Wr. Wb., Apa kabar hari ini? Semoga kita selalu dalam keadaan sehat wal'afiat.
Sebelum kita membahas tentang bagaimana Cara Membuat Blog Mudah Lengkap bahkan GRATIS, Mari kita simak penjelasa singkatnya terlebih dahulu. 

Apa itu Blog ? Blog adalah kependekan dari Web-Log yaitu bentuk aplikasi suatu website yg berbentuk dalam suatu tulisan (posting) pada sebuah halaman web. Kali ini kita akan menggunakan platform Blogger.com yg sepertinya paling menonjol diantara yg lain karena memang penggunannya sendiri terbilang mudah untuk pemula.

Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL.
sumber : wikipedia.id 

Lalu apa fungsi dari sebuah blog ? Fungsi dari sebuah blog sangatlah banyak, Mulai dari Catatan harian (Diary), Tapi sebaiknya disimpan di Buku Diary Pribadi saja apalagi kalo tentang si doi hehe, Media Publikasi tentang karya seseorang, Media Promosi suatu Perusahaan dan lain sebagainya. Suatu blog dapat dipegang/dipelihara oleh perorangan atau kelompok, Tak heran jika sebuah Blog bisa memposting belasan bahkan puluhan artikel per-harinya. Blog juga dapat menjadi media interaksi antar pengguna internet,Itulah sebab biasanya ada kolom komentar setelah postingan.

Baiklah, Sekarang mari kita lanjutkan ke tahapan untuk membuat blog sendiri, disini saya menggunakan platform blogger yg nanti akan memiliki subdomain blogspot.com.

Mari simak step by step di bawah ini,
  • Kunjungi halaman utama dari situs blogger.com atau klik Disini, Lalu Klik "Create Your Blog"
  •  Lalu anda akan diminta untuk login,gunakan akun Gmail anda saja, Jika anda belum mempunyai akun Gmail, Anda dapat menyimak artikel dibawah ini,
  • Jika sudah berhasil masuk,anda akan dibawa ke halaman seperti ini, Klik saja buat profil Google+ untuk melanjutkan,Tetapi jika anda ingin memilih buat profil google terbatas silahkan, Anda bisa membaca TOS (Term Of Service) yg telah disediakan.

  • Lalu anda akan dibawa ke halaman seperti ini, Biasanya data akan terisi Otomatis sesuai dengan akun Gmail yg telah anda daftarkan,Tetapi anda juga bisa mengganti Nama untuk akun blogger anda ataupun jika ada data yg tidak akurat saat mendaftar ke blogger. Jika sudah selesai, Klik buat profil dan anda akan dibawa ke halaman "Sesuaikan avatar anda" lalu klik lewati saja.
  • Taraaaaaa! Akun blogger anda sudah jadi. Apakah sampai disini saja ? Ohhh tidak,Kita akan lanjutkan ke step selanjutnya. Oh iya disini ada TOS tambahan untuk Cookie apabila anda akan merambah ke konten yg diperuntukan untuk "bule" Eropa dan sekitarnya,silahkan dipahami. Tetapi jika konten hanya seputar dalam negeri saja,silahkan dibaca. Lalu Klik Buat Blog Baru
  • Disini terdapat beberapa langkah,
  • Pertama adalah Judul, Silahkan isi Judul sesuai dengan apa yg akan anda bagikan di blog tersebut, Misalnya "Blog Seputar Tutorial di Internet" yg nantinya akan tampil di Header (Atas) blog anda.
  • Kedua Alamat, Silahkan beri nama alamat yg mudah diakses oleh orang lain dan tentunya mudah diingat, Hal ini juga akan sedikit berpengaruh pada trafik atau pengun blog anda, Apabila nama blog itu unik dan mudah diingat dan tentunya mempunyai artikel yg berkualitas, tidak menutup kemungkinan blog anda akan sering dikunjungi oleh para pengguna internet.
  • Ketiga Tema, Pilihlah Tema yg Simple namun Enak untuk dilihat, Agar pengunjung betah dan menimbulkan rasa "Enak dipandang" pada blog kita, disini sementara pilih template yg menurut anda sesuai, bisa juga menggunakan Template SEO (Search Engine Optimization) yg sudah banyak bertebaran di internet, Kenapa Template SEO ? Karena relatif ringan, Sesuai dengan kecepatan rata-rata internet di negara kita, Jadi lebih cepat untuk diakses. Klik buat blog
  •  Mari kita lihat bagaimana preview blog baru kita, Taraaaa! kosong, Ya iyalah wong baru kerangkanya doang hehe
  •  Kita kembali lagi ke Mantan eh Blogger deng, Disini ada beberapa Menu 
  1. Postingan, Yaitu dimana File Postingan-postingan kita berkumpul.
  2. Statistik, Yaitu untuk melihat perkembangan blog kita, dari mulai kunjungan/hari,bulan bahkan tahun, Sumber Lalu lintas dan lain sebagainya.
  3. Komentar, Yaitu untuk mempermudah melihat komentar-komentar dari netijen eh maksud saya dari para pengunjung blog kita.
  4. Kampanye, Yaitu untuk Mempromosikan blog kita agar memperbanyak pengunjung, biasanya kita akan diarahkan ke Google AdWords.
  5. Halaman, Yaitu untuk membuat sebuah halaman namun tidak ikut terposting ke halaman utama blog kita, Gunanya untuk membuat Privacy Policy, Disclaimer dan lain sebagainya.
  6. Tata Letak, yaitu untuk melihat kerangka blog kita, Misalnya kita ingin membahkan beberapa Widget berupa Postingan Populer,Label dan lain sebagainya.
  7. Tema, Yaitu untuk mengubah tema blog kita, Jika anda sudah paham tentang HTML anda bisa mengedit template melalui Edit HTML.
  8. Setelan, Yaitu untuk merubah beberapa item/data di blog anda seperti nama blog, alamat blog, bahasa dan lain sebagainya.
  •  Lanjut ke Postingan, Sebetulnya tidak berbeda jauh dengan Microsoft Word, Fungsi dari beberapa tombol yg penting saja yg dibutuhkan untuk membuat suatu artikel yg terdiri dari Format tulisan, Link, menambahkan gambar, Alignment dan lain sebagainya. dan di sebelah kanan terdapat Label, Apa itu label ? Yaitu untuk mengelompokkan kategori artikel yg anda buat agar tentunya tertata.

 Kesimpulan

Ternyata membuat blog tidak terlalu sulit apabila step by step dilakukan dengan benar. Namun, untuk membuat Professional Website tidak semudah yg kita bayangkan, Tetapi semua itu bisa dilakukan jika kita terus belajar dan berusaha, Tidak menutup kemungkinan kita bisa menemukan potensi tersembunyi dalam diri kita melalui internet. Pergunakanlah tutorial ini dengan bijak. Jika anda sudah bisa membuat blog yg bagus, Buatlah konten yg bermanfaat dan berfaedah. Sekian tutorial dari saya semoga bermanfaat, Wassalamualaikum Wr. Wb. 

Share this

Related Posts

First